ISO 14001:2004 Sistem Manajemen Lingkungan

ISO 14001:2004 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan, yaitu : Sistem Manajemen untuk mengarahkan dan mengontrol organisasi berkaitan dengan lingkungan . Tujuan utama dari sertifikasi ISO 14001 :2004 adalah untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan dan binatang dalam kondisi terbaik yang paling mememungkinkan. Pengelolaan lingkungan dalam sertifikasi ISO mungkin hanya merupakan satu langkah kecil, namun demikian proses ini akan berkembang dan meningkat sejalan dengan bertambahnya pengalaman, penciptaan, pencatatan, dan pemeliharaan dari sistem yang diperlukan untuk sertifikasi yang diharapakan dapat membantu kondisi lingkungan.

Tujuan secara menyeluruh dari penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) ISO 14001:2004 adalah sebagai standar internasional yaitu untuk mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran yang seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi. Manajemen lingkungan mencakup suatu rentang isu yang lengkap meliputi hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan kompetisi. Peragaan penerapan yang berhasil dari ISO 14001 dapat digunakan perusahaan untuk menjamin pihak yang berkepentingan bahwa SML yang sesuai tersedia.

Dampak positif terbesar terhadap lingkungan kiranya adalah pengurangan limbah berbahaya. Sertifikasi ISO mensyaratkan program-program yang akan menurunkan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya dan limbah berbahaya.

Manfaat menerapkan ISO 14001:2004

Manfaat dengan diterapkannya ISO 14001 :2004 bagi organisasi antara lain :
  • Dapat mengidentifikasi, memperkirakan daan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul.
  • Dapat menekan biaya produksi dapat mengurangi kecelakaan kerja dapat memelihara hubungan baik dengan masyarakat, Pemerintah dan pihak-pihak yang peduli terhadap lingkungan.
  • Memberi jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak manajemen puncak terhadap lingkungan.
  • Dapat mengangkat citra perusahaan, meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperbesar pangsa pasar.
  • Menunjukkan ketaatan perusahaan terhadap Peraturan Perundang - undangan yang berkaitan dengan lingkungan.
  • Menurunkan insiden
  • Menghemat bahan dan energi
  • Memperbaiki pengendalian biaya.
  • Memperbaiki hubungan industri-pemerintah
  • Memuaskan criteria investor dan memperbaiki akses modal
  • Mendapatkan insurance dengan biaya yang wajar.
Metode yang diterapkan untuk membantu klien kami dalam proses sertifikasi ISO menggunakan Metode Pendekatan Sederhana (SAS=Simple Aproach System).

5 Prinsip-Prinsip Pokok dan Elemen ISO 14001

Prinsip 1 – Komitmen dan kebijakan
Organisasi harus menetapkan kebijakan lingkungan dan memastikan memiliki komitmen terhadap Sistem Manajemen lingkungan.

Prinsip 2 – Perencanaan
Organisasi harus menyusun rencana untuk mentaati kebijakan lingkungan yang ditetapkannya sendiri.

Prinsip 3 – Implementasi dan Operasi
Agar terlaksana dengan efektif, organisasi harus mengembangkan kemampuan dan mekanisme pendukung yang diperlukan untuk mentaati kebijakan lingkungan, tujuan dan sasaran manajemen.

Prinsip 4 – Pemeriksaan dan Koreksi
Organisasi harus memeriksa, memantau dan mengoreksi kinerja lingkungannnya.

Prinsip 5 – Kaji Ulang manajemen
Organisasi harus mengkaji ulang dan terus-menerus memperbaiki Standard Manajemen Lingkungan dengan maksud untuk menyempurnakan kinerja lingkungan yang telah dicapai.
Standard Manajemen Lingkungan adalah kerangka kerja organisasi yang harus terus disempurnakan dan secara periodik dikaji ulang agar secara efektif dapat mengarahkan kegiatan pengelolaan lingkungan sebagai respon terhadap perubahan faktor internal dan eksternal organisasi.

0 komentar:

Poskan Komentar